Sabtu, 28 Mei 2016

PEMANFATAN LIMBAH PERTANIAN SEBAGAI PAKAN TERNAK jangan bakar jerami padi anda..!!!

Pemanfaatan Jerami Padi sebagai Pakan Ternak

   Pada kesempatan ini kami akan mencoba berbagi postingan tentang Pakan Ternak Sapi Untuk Penggemukan. Nah, makanan sapi yang paling baik adalah makanan hijau, namun makanan hijau ini sulit untuk di produksi dengan waktu singkat. Membutuhkan beberapa bulan bahkan tahun untuk memproduksi rumput gajah.
Ada alternatif pakan ternak sapi yang cepat dan mudah
    Sebenarnya apa kelebihan dari proses fermentasi, Sampai-sampai jerami padi difermentasi untuk pakan sapi, padahal kita bisa saja langsung memberikan ke sapi ternak tanpa melalui fermentasi. yang dominan dari jerami padi adalah serat/selulosa. Selulosa adalah serat yang jika dipecah senyawanya akan menghasilkan glukosa yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Selulosa hanya mampu dicerna oleh hewan-hewan tertentu seperti hewan ruminansia salah satu diantaranya sapi. Dalam pencernaan sapi, makanan akan mengalami proses penghancuran secara fisika dan kimia. Salah satu dari banyak reaksi yang terjadi dalam pencernaan sapi adalah proses fermentasi alamiah. Logikanya jika makanan yang dikonsumsi sapi telah terfermentasi sebelumnya maka proses penyerapan dalam usus sapi akan lebih cepat dan efisien.
  Fermentasi akan menambah kandungan gizi dalam jerami padi. Sederhananya fermentasi akan menghasilkan gula-gula sederhana, gula-gula sederhana seperti glukosa akan dimanfaatkan oleh sapi. Fermentasi jerami padi untuk pakan sapi sangat membantu dalam penggemukan sapi. Apalagi bagi para pembisnis Ternak penggemukan sapi.
  Jerami padi yang sudah kering umumnya dibuang atau di bakar karena dianggap sampah. Dari penggunaan fermentasi akan menjadikan jerami padi yang sudah kering menjadi bermanfaat sebagai pakan penggemukan sapi.  
oleh. Muhammad Jafar, S.ST
Penyuluh Pertanian Lapangan Kab. Jeneponto


Tidak ada komentar:

Posting Komentar